>Tips Kesehatan: Cara Menghindari Perut Kembung

>

Anda pasti pernah mengalami perut kembung. Tanda-tandanya perut terasa kembung, kepala pusing dan muntah. Biasanya orang menyebut gejala ini dengan gejala masuk angin. Namun sebenarnya tidak memungkinkan angin dari luar tubuh masuk melalui pori kulit menuju ke perut, karena manusia tidak memiliki saluran hawa seperti serangga.

Sebenarnya, perut kembung (masuk angin) diseabkan oleh terbentuknya gas di dalam perut atau usus akibat aktivitas bakteri. Bakteri tertentu masuk bersama makanan, mencerna maanan secara anaerobik kemudian menghasilkan gas karbondioksida, hidrogen dan metana. Gas-gas ini yang menyebabkan perut menjadi kembung.

Perut kembung dapat diakibatkan karena tertelannya udara saat makan sambil berbicara. Beberapa jenis makanan tertentu seperti kubis, biji kacang-kacangan, ketela rabat, dan minuman bersoda dapat menimbulkan gas sehingga perut menjadi kembung.

Untuk pencegahannya, jangan makan sambil berbicara, hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda dan jaga kebersihan maanan. Untuk pengobatannya, minumlah tablet karbon atau obat masuk angin yang dapat diperoleh di apotek terdekat atau periksakan ke dokter. Pada kebanyakan orang yang tinggal di desa, gejala perut kembung mereka atasi dengan kerokan, meski mekanisme yang sebenarnya dari dampak kerokan belum diketahui.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: